KONFIGURASI POINT TO POINT (PTP) SEBAGAI SERVER

pada materi kali ini saya akan menjelaskan konfigurasi menjadi server point to point
silahkan teman teman lihat konfigurasi nya dibawah ini


1. Anda aktifkan wlan1 nya terlebih dahulu



2. Jangan lupa memberikan security profile agar memudahkan saat mengkoneksikan kedua perangkat


3.selanjutnya anda konfigurasi interface wlan1 mode wireless : bridge, mengapa bridge? karena anda menjadi server ptp nya, SSID : SSID2 (name ssid saya berikan ssid2 agar mudah dalam konfigurasi) frequency:2437,wireless protocol:any,security profile:profile1



4. Disini saya menggunakan frekuensi 2437, Caranya pada menu Wireless lalu di tab Wifi Interfaces klik Freq. Usage lalu pilih interface wlan1(sesuaikan dengan interface yang digunakan) klik Start  kemudian pilih frekuensi nya.





5. Konfigurasi selanjutnya anda buat interface bridge1 yang berfungsi sebagai penghubung dari beberapa jaringan. Caranya ke Menu Bridge pilih tab bridge lalu klik (+) lalu apply/ok.

6. Setelah konfigurasi anda akan membuat interface bridgenya dengan ke tools selanjutnya yaitu tools ports. Konfigurasinya pada menu Bridge pilih tab ports lalu klik (+) lalu arahkan interfacenya ke ether1 dan bridge1.


7. lalu buat juga untuk wlan1, konfigurasinya bisa diikutin dengan cara sebelumnya hanya saja berbeda interface yang tadinya ether1 sekarang anda buat dengan wlan1.


8. Selanjutnya anda menambahkan Ip Address disini saya memberikan ip nya 172.168.100.1/24 dan interfacenya bridge1.


9. Selanjutnya anda lakukan pengetesan ping, New Terminal lalu ping Ip Address yang dituju (contoh nya saya disini sebagai server menggunakan Ip 172.168.100.1 dan saya ingin melakukan hasil koneksi pada client menggunakan Ip Client yaitu 172.168.100.2)
Disini saya menggunakan wireless protocol type any yang memiliki jangkauan sekitar 5-6 meter(Routerboard yang saya gunakan yaitu  RB941).


Selanjutnya saya menggunakan wireless protocol type nstreme yang memiliki jangkauan sekitar 7-8 meter(Routerboard yang saya gunakan yaitu  RB941)


Dan yang terakhir saya menggunakan wireless protocol type nv2 yang memiliki jangkauan sekitar 8-9 meter(Routerboard yang saya gunakan yaitu  RB941)

sekian tentang konfigurasi point to point sebagai server...




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENJELASAN PENGGUNAAN WIRELESS TOOLS DAN PENGERTIAN SIGNAL STRENGTH, SIGNAL TO NOISE, DAN NOISE FLOOR

Apa itu WDS :Wireless Distribution System

Suka Pakai WiFi? Wajib Tahu Perbedaan 802.11 A, B, G, N dan AC